Sat. Jun 6th, 2020

Trent Alexander-Arnold, Pemain Liverpool Bak Gelandang Profesional

2 min read
Trent Alexander-Arnold, Pemain Liverpool Bak Gelandang Profesional

Liverpool adalah salah satu tim asal Inggris yang bukan hanya memiliki rekor sempurna dengan catatan belum terkalahkan dari 6 laga ajang Premier League, namun juga belum pernah kesulitan menciptakan peluang gol. The Reds tampak kuat dengan menorehkan 17 gol dari 6 pertandingan atau rata-rata nyaris 3 gol per laga.

Catatan mereka hanya kalah dari Manchester City, sedangkan The Citizens sudah mengoleksi 24 gol. Untuk masalah membuat kesempatan, Liverpool bisa menghasilkan rata-rata 13,7 kans per pertandingan. Tim asuhan Jurgen Klopp hanya kalah dari pasukan Pep Guardiola yang rata-rata membukukan 17,2 kesempatan.

Baca juga: Real Madrid Telah Kantongi Satu Nama Pengganti Zinedine Zidane

Dilansir melalui Whoscored, Liverpool punya 13 pemain yang telah menciptakan peluang gol untuk klub. Menariknya, andalan pertama The Reds untuk urusan membuat kesempatan gol bukan lahir dari lini ofensif. Pemain yang dimaksud bukan Mohamed Salah, Roberto Firmino maupun Sadio Mane, tetapi bek kanan utamanya yaitu Trent Alexander-Arnold.

Trent Alexander-Arnold menghasilkan rata-rata 3,8 kesempatan per laga atau sekitar 27% dari jumlah peluang yang diciptakan Liverpool. Bek kanan bak gelandang ofensif tersebut sukses mengungguli rekan satu klubnya seperti Mohamed Salah dan Sadio Mane yang masing-masing membukukan 2 kesempatan per laga.

Andai berbicara semua pemain Liga Inggris, pencapaian bek berumur 20 tahun tersebut adalah nomor dua terbanyak di Premier League. Pasalnya, ia hanya kalah dari pemain andalan Manchester City, yakni Kevin De Bruyne yang mengemas rata-rata 4,5 kesempatan per laga.

Selain itu, Trent Alexander-Arnol;d adalah satu-satunya bek yang berada dalam daftar 10 pemain dengan jumlah kesempatan terbanyak hingga pekan keempat Liga Inggris musim 2019 sampai 2020, sedangkan sembilan nama pemain lainnya adalah para gelandang profesional.

Kevin De Bruyne juga bersaing dengan beberapa nama lainnya seperti Gylfi Sigurdsson | Everton, Jack Grealish | Aston Villa, Manuel Lanzini | West Ham United dan Paul Pogba | Manchester United. Trent Alexander-Arnold memang baru mampu mengubahnya menjadi 2 assist dari beberapa peluang yang telah ia ciptakan.

Akan tetapi, total kesempatan yang sudah diciptakan sang pemain menunjukkan perkembangan signifikan dari Trent Alexander-Arnold dalam kemampuan ofensif. Dia hanya membukukan rata-rata 1,7 kesempatan per laga pada musim 2018 hingga 2019. Kini, nilainya naik lebih dari dua kali lipat.

Jumlah kesempatan yang dibukukan Trent Alexander-Arnold membuat dirinya sebagai salah satu bek andalan Liverpool yang patut diperhitungkan. Ia pun merupakan ancaman serius bagi para pemain maupun tim-tim besar Liga Inggris lainnya yang bersaing merebut gelar juara Premier League musim ini.

Sementara itu, produksi kesempatan yang diciptakan Trent Alexander-Arnold bisa dibilang semakin konsisten. Dia awalnya hanya membukukan rata-rata 0,1 per laga pada musim 2016 sampai 2017, namun meningkat menjadi 1,3 | 2017 hingga 2018, 1,7 | 2018 menuju 2019 hingga 3,8 pada periode 2019 sampai 2020.

1 thought on “Trent Alexander-Arnold, Pemain Liverpool Bak Gelandang Profesional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *