Sun. Sep 15th, 2019

Mikel Arteta Punya Alasan Tolak Tawaran Jadi Pelatih Arsenal

2 min read
Mikel Arteta Punya Alasan Tolak Tawaran Jadi Pelatih Arsenal

Mikel Arteta sempat dikabarkan sebagai calon penerus Arsene Wenger di Arsenal. Akan tetapi, dia menolak tawaran itu mentah-mentah dan meneruskan tugasnya sebagai asisten pelatih di Manchester City. Ia menjadi kandidat utama manajer The Gunners saat Arsene Wenger berhenti, sedangkan mantan kapten tim tersebut dirumorkan sebagai calon yang sesuai untuk menangani klub asal Kota London | Inggris itu.

Namun, usai mempertimbangkan hal itu secara matang, Mikel Arteta akhirnya memutuskan untuk meneruskan pekerjaan sebagai asisten dari Pep Guardiola di Manchester City. Dia juga menyebutkan alasan utama mengapa menolak langsung tawaran menarik sebagai manajer Arsenal.

Baca juga: Beban Upah Juventus Terbesar di Liga Italia, Sulit Disaingi Tim Lain

“Saya menerima beberapa tawaran dalam beberapa waktu terakhir. Tapi, saya akhirnya merasa senang di tempat saya saat ini untuk menjadi asisten manajer di Manchester United. Saya juga betah berada di tim ini,” tutur Mikel Arteta yang dilansir melalui Metro.

“Saya sangat dihargai dan semua keperluan saya selalu terpenuhi di Manchester City. Maka dari itu, saya bakal meneruskan karir saya sebagai asisten pelatih di sini dan tidak ingin pindah ke klub mana pun.”

“Terkadang, saya juga ingin pindah ke tim lain beberapa waktu lalu, namun saya memutuskan untuk menghentikan diri saya sendiri. Saya menerima tawaran menarik dari Arsenal, tapi saya menilai belum saatnya bagi saya untuk angkat kaki dari Manchester City dalam waktu dekat.”

“Saya tidak terlalu tergesa-gesa untuk berkembang maupun naik level, sedangkan saya ingin menjaga loyalitas di sini. Saya berjanji kepada Pep Guardiola untuk tetap menjadi asistennya di Manchester City,” ungkap Mikel Arteta.

Kemudian, Mikel Arteta sudah menyandang status sebagai asisten pelatih di Manchester City sejak tahun 2016. Ia resmi mendampingi Pep Guardiola untuk membantu tangani Sergio Aguero dkk di Etihad Stadium setelah dirinya memutuskan pensiun di Arsenal.

Keputusan yang diambil Mikel Arteta untuk menjadi asisten pelatih di Manchester City dianggap sebagai keputusan yang sangat tepat. Pasalnya, dia mampu belajar lebih banyak soal sistem kepelatihan maupun teknik bermain setiap pemain dari mantan manajer FC Barcelona itu.

Selain itu, Mikel Arteta punya jiwa kepemimpinan yang tinggi. Hal itu membuat dirinya berpotensi menjadi pelatih yang luar biasa saat memutuskan untuk naik level dari asisten manajer ke juru strategi untuk tim-tim besar Inggris maupun Eropa di masa yang akan datang.

Mikel Arteta juga sukses membuktikan bila dirinya tidak terlalu tergesa-gesa dalam mengambil keputusan. Tak hanya itu, dia juga tidak merasa terlena dengan posisi pelatih lantaran belum memiliki bekal yang cukup dan kesiapan mental untuk melatih beberapa pemain ternama.

Mikel Arteta berpotensi menjadi incaran beberapa klub terbaik Eropa bila memutuskan untuk naik level menjadi pelatih. Bahkan, ia pun saat ini mendampingi Pep Guardiola demi menangani salah satu tim raksasa Premier League yang ditakuti tim-tim Benua Biru lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *