Sat. Oct 19th, 2019

Liverpool Jadi Tim Asal Inggris Terbaik di Piala Super Eropa

2 min read
Liverpool Jadi Tim Asal Inggris Terbaik di Piala Super Eropa

Liverpool sukses memenangkan Piala Super Eropa tahun 2019 usai mengalahkan Chelsea via adu penalti dengan skor akhir 5-4. Hasil itu membuat tim besutan Jurgen Klopp tersebut menjadi tim asal Inggris dengan trofi terbanyak pada turnamen ini. Laga yang berlangsung di Vodafone Park | Istanbul | Turki pada hari Rabu (14/8/2019) malam waktu setempat, The Reds menerima perlawanan ketat dari The Blues. Mereka ditahan imbang 2-2 sampai pertandingan berjalan 120 menit.

Selain itu, Liverpool berhasil menorehkan dua gol yang diciptakan Sadio Mane pada menit ke-48 dan 95’. Kemudian, Chelsea menghasilkan gol ganda dari tendangan Olivier Giroud pada menit ke-36 dan Jorginho saat menit ke-101. Hasil seri membuat penentuan jawara patut dilakukan via adu penalti. Sebelumnya, The Reds dinobatkan sebagai kampiun dengan skor akhir 5-4.

Baca juga: 3 Bintang Tira Persikabo yang Berisiko untuk Bali United

Kendati demikian, lima eksekutor Liverpool seperti Divock Origi, Fabinho, Mohamed Salah, Roberto Firmino dan Tren Alexander-Arnold sukses menyelesaikan tugasnya dengan sangat baik. Sementara itu, dari lima penendang Chelsea hanya Emerson, Jorginho, Mason Mount dan Ross Barkley yang bisa menorehkan gol. Bola hasil tendangan 12 pas dari Tammy Abraham mampu ditepis penjaga gawang The Reds, yaitu Adrian San Miguel.

Kemenangan itu membuat The Reds memenangkan Piala Super Eropa untuk keempat kalinya. Pasalnya, Liverpool pernah menjadi kampiun pada tahun 1977, 2001 serta 2005 silam. Mereka sukses mendepak Hamburg SV dengan skor telak 7-1 pada tahun 1977, Bayern Munchen dengan skor akhir 3-2 tahun 2001 dan membungkam CSKA Moskow dengan torehan 3-1 pada tahun 2005.

Hasil tersebut membuat Liverpool menjadi tim asal Inggris terbaik pada ajang Piala Super Eropa, serta diikuti Manchester United | 1991, Chelsea | 1998, Nottingham Forest | 1979 serta Aston Villa pada tahun 1982 yang masing-masing meraih satu gelar juara.

“Saya sempat bertanya kepada Henderson dan Milner bagaimana semua orang melihat trofi ini di Inggris, sedangkan mereka menjawab bahwa itu merupakan trofi yang bagus, serta berada di dinding Melwood yang merupakan pusat latihan Liverpool dan mereka patut menyimpan trofi Piala Super Eropa di sana,” tutur Jurgen Klopp.

Tak hanya itu, manajer asal Jerman tersebut mengatakan bahwa Liverpool akan terus berjuang untuk meraih gelar juara sekaligus trofi lebih banyak usai mereka memenangkan Piala Super Eropa tahun 2019 atas tim besutan Frank Lampard tersebut dalam laga yang digelar kemarin.

“Bagus sekali. Segalanya tentang melakukannya bagi semua orang, serta melalui tiga kesempatan selama beberapa bulan terakhir. Kami sukses meraih dua gelar juara. Maka dari itu, kami akan melanjutkannya dan cari siasat untuk menyabet trofi lebih banyak di masa depan,” tegas Jurgen Klopp.

1 thought on “Liverpool Jadi Tim Asal Inggris Terbaik di Piala Super Eropa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *