Fri. Nov 15th, 2019

Julio Banuelos Punya Riwayat Karir Lebih Baik dari Ivan Kolev di Persija

2 min read
Julio Banuelos Punya Riwayat Karir Lebih Baik dari Ivan Kolev di Persija

Persija Jakarta membuat keputusan mengejutkan dengan memecat Julio Banuelos dari jabatannya sebagai manajer pada hari Kamis (19/9/2019). Selain itu, keputusan tersebut akhirnya terbukti tepat lantaran pelatih dari Spanyol itu faktanya tidak punya sejarah lebih baik dari seniornya.

Bagaimana tidak, Julio Banuelos mulai menangani Persija Jakarta pada tanggal 8 Juni tahun 2019. Dia memperoleh kesempatan untuk melatih Tim Macan Kemayoran dalam 18 pertandingan di semua ajang kompetisi pada musim ini.

Baca juga: Bernardo Silva: Cedera Bukan Masalah Bagi Manchester City

Persija Jakarta sudah lima kali meraih kemenangan, delapan kali seri dan lima kali menelan kekalahan di era kepelatihan Julio Banuelos. Hal itu mengartikan bahwa persentase kemenangan yang diraih tim asal kota metropolitan dengan sang manajer hanya berkisar 27,7 persen dari 193 hari mengabdi sebagai pelatih klub.

Selain itu, jumlah tersebut dihitung dengan memakai rumus sederhana. Torehan kemenangan dibagi jumlah laga, sedangkan peroleh persentase dikalikan 100. Persentase kemenangan yang didapatkan Julio Banuelos rupanya lebih rendah dibandingkan pendahulunya, yakni Ivan Kolev.

Pasalnya, manajer asal Bulgaria itu hanya bertugas selama 139 hari di Persija Jakarta dengan rentang waktu mulai tanggal 15 Januari sampai 3 Juni tahun 2019. Catatan yang ditorehkan sang mantan pelatih hanya mencapai angka 35,2 persentase untuk kemenangan klub.

Persija Jakarta selama berada di era kepelatihan Ivan Kolev hanya membukukan enam poin kemenangan, empat poin seri dan tujuh poin kekalahan. Meski begitu, Ivan Kolev dinilai lebih baik dibandingkan Julio Banuelos bila mengacu pada persentase kemenangan.

Sementara itu, Julio Banuelos tercatat sebagai manajer ke-13 yang kehilangan statusnya di Liga 1 tahun 2019. Hal ini dikarenakan mantan asisten Luis Milla tersebut secara khusus menjadi pelatih kedua yang dipecat oleh manajemen Persija Jakarta pada periode ini.

Persija Jakarta kabarnya memberhentikan Julio Banuelos sebagai manajer tim lantaran mereka tidak menuai hasil positif dalam beberapa pekan terakhir. Bahkan, Tim Macan Kemayoran harus menelan kekalahan telak atas Bali United dalam laga yang digelar akhir minggu lalu di Kota Bekasi.

Usai Julio Banuelos angkat koper dari ibu kota, Persija Jakarta mengutus Sudirman sebagai manajer. Dia juga adalah mantan pemain Timnas Indonesia sekaligus pelatih Persija U-20 yang nantinya bakal dibantu oleh dua asisten, yakni Antonio Claudio dan Ismed Sofyan.

Persija Jakarta mampu mengembangkan potensi yang dimiliki para pemainnya untuk bersaing dengan pemain dari tim-tim besar Liga 1 lainnya yang merebut gelar juara pada musim ini, sedangkan mereka harus mengerjar ketertinggalan pada klasemen dengan torehan poin yang masih minim.

Sudirman bakal mempunyai tugas berat dengan Persija Jakarta. Dia harus bisa mengasah mental semua pemain Tim Macan Kemayoran dan kembali ke jalur kejayaan demi mengubah urutan mereka di klasemen Liga 1 tahun ini dan merebut poin dalam setiap pertandingan.

1 thought on “Julio Banuelos Punya Riwayat Karir Lebih Baik dari Ivan Kolev di Persija

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *