Fri. Nov 15th, 2019

Hamka Hamzah Ungkap Alasan Timnas Indonesia Didepak Malaysia

2 min read
Hamka Hamzah Ungkap Alasan Timnas Indonesia Didepak Malaysia

Hamka Hamzah selaku kapten Arema buka suara mengenai kekalahan Timnas Indonesia pada pertandingan perdana Grup G tahap kualifikasi ajang Piala Dunia tahun 2022 wilayah Asia atas Malaysia yang digelar hari Kamis (5/9/2019). Tim Garuda harus mengakui keunggulan Negeri Jiran dengan skor akhir 2-3.

Tidak sedikit penggemar Timnas Indonesia merasa kecewa karena pertandingan ini berlangsung di markas sendiri, yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) | Senayan | Jakarta. Akan tetapi, Hamka Hamzah memberi ilustrasi soal alasan nonteknis yang bikin gaya permainan Evan Dimas dkk tidak sempurna.

Baca juga: Presiden Liga Spanyol Sebut Neymar Terancam Sulit Hengkang dari PSG

“Saya mampu bicara di luar teknis. Timnas Indonesia kemarin merasakan beban yang luar biasa lantaran berlaga di markas sendiri. Kedua, berlaga di SUGBK dengan jumlah penonton yang cukup banyak membuat oksigen begitu tipis dan juga sesak. Hal itu membuat energi mereka cepat habis sampai tahap kedua lebih banyak diserang Malaysia,” ungkap Hamka Hamzah.

Lalu, mengapa Timnas Malaysia mampu tampil maksimal kendati bertanding di stadion yang cukup sesak? Hamka Hamzah rupanya telah memiliki jawaban yang tepat untuk menuntaskan faktor nonteknis yang membuat Tim Garuda bertekuk lutut di markas mereka sendiri.

“Pertama, Timnas Malaysia memiliki beban lebih ringan lantaran berstatus sebagai klub tamu, sedangkan mereka bermain di Stadion Nasional | Bukit Jalil pada babak uji coba sebelumnya. Kondisi stadion tersebut sangat mirip dengan SUGBK. Kemudian, Timnas Indonesia uji coba di stadion lain,” tutur pemain yang pernah berperan sebagai kapten Timnas Indonesia itu.

Namun, untuk pertandingan berikutnya menghadapi Timnas Thailand yang digelar pada hari Selasa (10/9/2019) nanti, Hamka Hamzah percaya Tim Garuda mampu bermain lebih baik lantaran semua pemain telah beradaptasi dengan berlaga di stadion terbesar di Tanah Air tersebut.

“Saya sempat mengalami masa di mana Arema menghadapi Persija Jakarta pada putaran kedua Liga 1 tahun ini. Rasanya sampai susah bernapas karena jumlah penonton yang sangat banyak,” kata Hamka Hamzah.

Sebelum mengikuti babak kualifikasi Piala Dunia tahun 2022, Timnas Indonesia bakal menjalani pemusatan latihan di Stadion Pakansari | Bogor. Selain itu, uji coba yang dilakukan ternyata tidak dilihat penonton sehingga para pemain tak memperoleh atmosfer laga menghadapi klub lawan, Malaysia.

“Tak hanya itu, saya lihat sedikit pemain timnas saat ini yang memiliki pengalaman mumpuni menjamu Malaysia di level senior. Alhasil, rivalitasnya mungkin saja mereka rasakan kemarin dengan hasil akhir yang tidak memuaskan,” ujar Hamka Hamzah.

Sementara itu, Timnas Indonesia bakal melawan Thailand yang digelar awal pekan depan. Mereka patut menuai hasil positif dengan bekerja dan berlatih lebih keras setelah dibungkam Malaysia dengan skor akhir 2-3 demi mempertahankan posisi Tim Garuda pada tahap kualifikasi ajang Piala Dunia tahun 2022 zona Asia.

1 thought on “Hamka Hamzah Ungkap Alasan Timnas Indonesia Didepak Malaysia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *