Fri. Nov 15th, 2019

Ante Bakmaz Ungkap Kisah Hidupnya Sebelum Gabung Madura United

3 min read
Ante Bakmaz Ungkap Kisah Hidupnya Sebelum Gabung Madura United

Ante Bakmaz adalah pesepak bola yang belum begitu populer di Tanah Air. Bek asing milik Madura United tersebut belum menghadirkan kejutan untuk masyarakat kendati telah melewati tiga pertandingan di Liga 1 tahun ini. Dikutip melalui website resmi PT LIB, sang pemain tercatat sebagai pemain berpaspor Australia, namun nama lengkapnya adalah Anthony Bakmaz yang menunjukkan bila dirinya adalah seorang imigran dari Eropa.

“Benar, kedua orang tua saya berasal dari Kroasia. Namun, saya lahir dan besar di Sydney | Australia. Saya memiliki dua paspos sekaligus, Australia dan Kroasia lantaran latar belakang tersebut,” tutur Ante Bakmaz.

Baca juga: Beto Goncalves: Madura United Harus Bangkit Demi Bungkam Persela

Meski begitu, hal itu belum cukup kuat untuk menunjukkan bahwa Ante Bakmaz berasal dari Kroasia. Hal ini dikarenakan nama sang pemain tidak terlalu mencerminkan identitas resmi seseorang yang berasal dari negara pecahan Yugoslavia itu.

“Ya, saya asli Kroasia, nama saya mungkin sebenarnya Bakmazic. Nama Bakmaz berasal dari ayah saya yang berdarah Turki. Maka dari itu, ratusan tahun lalu, orang Turki pindah ke Kroasia,” kata pesepak bola berumur 27 tahun tersebut.

“Namun, saya merasa tidak memiliki ikatan dengan Turki. Ayah saya lahir dan besar di Kroasia, termasuk ibu saya. Identitas Turki satu-satunya yang saya punya adalah nama belakang yang bakal diturunkan kepada anak saya kelak,” pungkasnya.

Selain itu, Ante Bakmaz mengaku telah berulang kali menerima pertanyaan soal latar belakangnya. Menurutnya, hal itu sangat wajar lantaran semua orang merasa terkejut melihat namanya dan dirinya lahir sekaligus dibesarkan di Negeri Kanguru.

Ante Bakmaz juga bercerita soal kisah hidupnya, terutama keluarganya. Pemain yang pernah berkarir di Belanda itu memiliki orang tua yang merupakan imigran dari Kroasia ketika perang Yugoslavia sedang bergejolak pada tahun 1980-an. Saat ini, negara itu sudah terpecah menjadi tujuh negara yang berbeda, yakni Bosnia-Herzegovina, Kroasia, Kosovo, Makedonia, Montenegro, Serbia serta Slovenia, sedangkan orang tua sang pemain mencari suaka sampai ke Australia lantaran kala itu punya beberapa kerabat dekat di sana.

“Saya tidak mengetahui kondisi saat itu seperti apa. Ayah dan ibu saya akhirnya memperoleh pekerjaan di Sydney dan menetap di sana. Saya akhirnya lahir dan tumbuh di sana hingga memulai karir,” ujar Ante Bakmaz.

Ante Bakmaz menetapkan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu karena dia lahir di Australia. Akan tetapi, kedua orang tuanya tetap berkomunikasi dengan bahasa Kroasia selama di rumah, sedangkan sang pemain mampu menguasai dua bahasa tersebut sekaligus.

Kemudian, hal itu membuat Ante Bakmaz mampu berkomunikasi dengan baik ketika berbicara dengan striker Madura United asal Kroasia, yaitu Aleksandar Rakic. Kedua pemain tersebut sempat tertangkap kamera sedang berbincang santai dan tidak memakai bahasa Inggris.

“Kami menggunakan bahasa yang rumpun nya sama. Saya berbicara dengan bahasa Kroasia, Aleksandar Rakic membalasnya dengan bahasa Serbia. Memang, dua bahasa itu berbeda, namun kami mampu memahami satu sama lain dengan cepat,” ungkap Ante Bakmaz.

Sementara itu, Ante Bakmaz memperoleh paspor Kroasia karena kerutunan langsung dari imigran negara itu. Dia masih bangga menjadi orang Kroasia sampai saat ini dan selalu memanfaatkan paspor yang dimilikinya untuk hal-hal tertentu.

“Saya memulai karir di Eropa dari Belanda, Latvia, Lithuania sampai Malta, dengan memakai paspor Kroasia. Saya pertama kali menggunakan paspor Australia ketika berkarir bersama Al Nejmeh di Lebanon pada musim lalu,” imbuhnya.

“Pasti ada keuntungan mampu mempunyai dua paspor sekaligus. Saya menggunakan paspor Australia supaya bisa menjadi pemain Asia di Madura United seperti sekarang,” ujar pemain bernomor punggung 28 tersebut.

Ante Bakmaz untuk pertama kalinya berkarir di Indonesia pada musim ini. Dia memilih Madura United lantaran tertantang dengan ambisi untuk meraih gelar juara Liga 1 tahun 2019. Ia diagendakan bakal membela Laskar Sape Kerap saat melawan Persela Lamongan besok.

1 thought on “Ante Bakmaz Ungkap Kisah Hidupnya Sebelum Gabung Madura United

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *