Fri. Nov 15th, 2019

Alfred Riedl Mulai Jalani Liga Indonesia Usai Gabung Persebaya

3 min read
Alfred Riedl Mulai Jalani Liga Indonesia Usai Gabung Persebaya

Persebaya Surabaya sudah menunjuk mantan manajer Timnas Indonesia, yaitu Alfred Riedl sebagai pelatih baru untuk menggantikan posisi Djadjang Nurdjaman. Pengumuman tersebut dilakukan Bajul Ijo via unggahan video sang pelatih dari akun Instagram resmi tim.

“Alfred Riedl sudah mencapai persetujuan dengan Persebaya Surabaya untuk menjadi pelatih kepala Bajul Ijo. Ia bakal segera datang di Kota Surabaya usai mengakhiri beberapa masalah administrasi di negaranta,” tulis Persebaya Surabaya via akun Instagram resminya, @officialpersebaya pada hari Jumat (23/8/2019).

Baca juga: 5 Bintang yang Bisa Segera Hengkang dari Liverpool Musim Ini

Berita ini langsung menggemparkan ranah dunia sepak bola nasional. Pasalnya, Alfred Riedl sejauh ini dikenal sebagai manajer Timnas Indonesia. Ia belum pernah menikmati level tim pada turnamen Tanah Air. Kisah menarik ketika pelatih asal Austria tersebut nyaris mengawali karirnya di Liga Indonesia pada tahun 2015. Kala itu, dia bersedia jadi manajer PSM Makasaar untuk berlaga di Indonesia Super League yang berubah nama menjadi QNB League pada tahun yang sama.

Selain itu, Alfred Riedl tidak pernah mengasah kemampuannya sebagai pelatih tangan dingin di level tim Indonesia. Usai bergabung dengan Persebaya Surabaya, ia berpeluang mencicipi atmosfer ajang Liga 1 yang dikenal cukup keras kepada pelatih kepala tim.

Alfred Rield setuju untuk menjadi manajer Persebaya Surabaya usai dia mengundurkan diri sebagai pelatih Timnas Indonesia yang gagal pada ajang Piala AFF tahun 2014. Ia mencoba nasibnya dengan resmi menangani PSM Makassar pada tanggal 8 Januari tahun 2015.

Ia menemani PSM Makassar selama pramusim untuk mengikuti uji coba ke wilayah Jawa Timur menghadapi Gresik United pada tanggal 5 Februari tahun 2015 serta Persepam Madura United  yang digelar dua hari berikutnya. PSM sukses menorehkan kemenangan melalui dua pertandingan itu.

Akan tetapi, dua pertandingan tak resmi tersebut ternyata menjadi awal dan akhir baginya di tim yang dibentuk pada tahun 1915 itu. Mantan striker Timnas Austria tersebut meminta izin kembali ke negaranya untuk mengikuti tes medis pada tanggal 20 Februari tahun 2015. Ia berjanji akan kembali ke Makassar pada pekan berikutnya, tapi dokter yang menanganinya tidak mengizinkannya kembali ke Austria.

Dia tak kunjung kembali ke Tanah Air untuk melatih PSM Makassar sebelum turnamen bergulir. Kemudian, dia memutuskan berhenti sebagai pelatih pada tanggal 16 April tahun 2015, serta mengirim email yang menyatakan tidak mampu meneruskan kewajibannya lantaran mengalami masalah kesehatan.

“Oleh sebab itu, saya memutuskan untuk berhenti sebagai pelatih kepala sekaligus Direkrut Sepakbola PSM Makassar dari sekarang. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada PSM atas kerja sama selama ini. Saya ingin berterima kasih kepada asisten manajer, staf medis dan semua pemain,” ungkap Alfred Riedl melalui surat pengunduran dirinya itu.

Sebelumnya, PSM Makassar menunjuk pelatih dari negara yang sama dengan Alfred Riedl, yakni Hans-Peter Schaller sebagai pelapis. PSM sudah mengikuti dua pertandingan kandang dengan meraih kemenangan atas Persiba Balikpapan dengan skor akhir 4-0 dan seri 3-3 atas Sriwijaya FC.

Tak hanya itu, Imam Nahrawi selaku Menpora mengirim surat untuk membekukan kompetisi tersebut pada tanggal 17 April tahun 2015. Tahun itu adalah momen kelam bagi sepak bola Tanah Air lantaran turnamen terhenti dan PSSI tak mampu melaksanakan tugasnya sebagai federasi sepak bola Indonesia.

Alfred Riedl juga sempat kembali ke Indonesia dan melatih Timnas Indonesia lagi setahun kemudian. Ia mengantarkan Tim Garuda menjadi runner-up ajang Piala AFF tahun 2016 dengan persiapan mendadak setelah dikalahkan Thailand pada putaran final.

1 thought on “Alfred Riedl Mulai Jalani Liga Indonesia Usai Gabung Persebaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *