Sat. Dec 7th, 2019

5 Fakta Menarik Tentang Marco Giampaolo

2 min read
5 Fakta Menarik Tentang Marco Giampaolo

AC Milan baru saja menunjuk Marco Giampaolo sebagai pelatih baru untuk menggantikan posisi Gennaro Gattuso mulai periode 2018 hingga 2019.

Marco Giampaolo memperoleh kontrak sampai bulan Juni tahun 2021 mendatang dengan opsi perpanjangan sampai bulan Juni tahun 2022 untuk menangani I Rossoneri.

Selain itu, Mantan pelatih Sampdoria tersebut bertugas untuk mengisi kursi kepelatihan yang sebelumnya dijabat oleh Gennaro Gattuso. Gennaro Gattuso mundur usai gagal membawa Patrick Cutrone dkk melaju ke ajang Liga Champions pada periode mendatang.

Meski begitu, pergantingan juru strategi I Rossoneri hanya bagian dari perubahan yang ditetapkan pihak manajemen tim di bawah arahan CEO tim, yakni Ivan Gazidis.

Marco Giampaolo

AC Milan bukan hanya mengganti posisi pelatih saja, namun juga posisi lainnya pada deretan pihak manajemen. I Rossoneri kembali menghubungi dua pilar legenda mereka, yakni Paolo Maldini serta Zvonimir Boban agar menjadi bagian dalam deretan manajemen klub.

Paolo Maldini saat ini berstatus sebagai Direkrut Teknik, sedangkan Zvonimir Boban menjabat sebagai Direkrut Olahraga AC Milan. Sementara itu, Paolo Maldini serta Zvonimir Boban bakal mengatasi masalah tim yang berhubungan dengan sepak bola, lalu Ivan Gazidis akan menangani sisi bisnis tim.

AC Milan sempat dikaitkan dengan beberapa nama terkenal, salah satunya adalah Antonio Conte sebelum resmi menunjuk Pelatih asal Switzerland tersebut sebagai juru taktik.

Akan tetapi, Antonio Conte akhirnya tidak ditunjuk sebagai pelatih baru karena faktor upah mantan juru strategi Chelsea itu. Walaupun nama Marco Giampaolo tidak populer seperti Antonio Conte, tetapi para penggemar AC Milan sepertinya tidak perlu kecewa.

Baca juga: Marco Giampaolo Miliki Syarat Keberhasilan di AC Milan

Mengapa? Di bawah ini adalah lima fakta yang merupakan alasan atas penunjukan Marco Giampaolo sebagai pelatih baru AC Milan, antara lain :

  • Melatih Beberapa Tim di Ajang Liga Italia

Marco Giampaolo mempunyai pengalaman yang mumpuni dalam dunia sepak bola di Negeri Pisa. Sebab, dia pernah menangani beberapa klub seperti Bresida, Cagliari, Catania, Cenesa, Empoli serta Siena sebelum menjabat sebagai pelatih Sampdoria.

Wajar saja bila pengalaman kepelatihannya tidak perlu diragukan lagi untuk membawa skuat utama AC Milan menempati posisi teratas di klasemen ajang Liga Italia.

  • Mampu Kalahkan AC Milan Sebanyak Tiga Kali

Marco Giampaolo pernah menaklukkan AC Milan sebanyak tiga kali saat melatih Sampdoria. Hal itu terbukti saat Sampdoria berhasil menyingkirkan AC Milan dengan skor akhir 1-0 pada musim lalu.

  • Berlaga sebagai Gelandang Tengah

Ketika berkiprah sebagai bintang lapangan, Marco Giampaolo bermain sebagai gelandang posisi tengah. Namun, dia tidak pernah bergabung dengan beberapa tim besar.

  • Melatih Tim Ajang Serie B

Marco Giampaolo sukses memulai karir kepelatihannya pada periode 2000 sampai 2001 silam di tim yang merumput pada ajang Serie B, yakni Pescara. Ia berposisi sebagai pelatih selama menangani klub tersebut.

  • Hasil Pertandingan Usai Jadi Pelatih

Usai berposisi sebagai pelatih pada tahun 2013, Marco Giampaolo mencatatkan hasil laga yang cukup baik. Dia sudah membukukan 196 laga dengan raihan 73 poin kemenangan, 48 poin seri serta 75 poin kekalahan.

1 thought on “5 Fakta Menarik Tentang Marco Giampaolo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *