Fri. Nov 15th, 2019

5 Bintang Terbaik yang Tak Masuk Skuat FIFPro Tahun Ini

3 min read
5 Bintang Terbaik yang Tak Masuk Skuat FIFPro Tahun Ini

Penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA sudah digelar pada hari Senin (23/9/2019) di Kota Milan | Italia. Lionel Messi dinobatkan sebagai The Best FIFA Men’s Player setelah menyingkirkan para pesaingnya seperti Cristiano Ronaldo | Juventus dan Virgil van Dijk | Liverpool.

Selain itu, ketiga pemain terbaik versi FIFA tersebut berada dalam daftar skuat FIFPro  tahun ini dengan delapan pemain lainnya. Bahkan, sebanyak 20 ribu pesepak bola ternama patut memberikan suara mereka untuk FIFA demi menentukan FIFPro World XI setiap tahunnya, sedangkan para pemain tersebut bukan sekadar dinilai dari kapasitasnya, namun prestasi dengan klub yang dibela.

Baca juga: Miralem Pjanic Beri Pesan Emosional Usai Jadi Korban Rasialisme

Alisson Becker dan Virgil van Dijk masuk ke dalam skuat FIFPro tahun ini usai mengantarkan Liverpool meraih gelar juara Liga Champions musim lalu. Kemudian, Frenkie de Jong dan Matthijs de Ligt patut mengikuti jejak dua bintang The Reds tersebut lantaran menolong Ajax Amsterdam mencapai tahap semifinal Liga Champions.

Akan tetapi, beberapa pemain terbaik dengan andil besar untuk timnya yang berada dalam skuat FIFPro tahun 2019. Mereka harus terdepak oleh para pemain ternama yang kurang berkontribusi baik bersama klub atau timnas. Dikutip melalui Sportskeeda, berikut ini adalah lima bintang yang tidak berpeluang masuk ke dalam skuat FIFPro World XI, antara lain :

  • Andrew Robertson | Liverpool – Skotlandia

Andrew Robertson menunjukkan performa terbaiknya dengan Liverpool pada musim lalu. Dia sudah meraih gelar juara Liga Champions bersama The Reds. Ia tampil secara konsisten sebagai bek kiri untuk membantu lini serang klub, sedangkan sang pemain punya hubungan baik dengan Sadio Mane pada posisi tersebut.

Tak hanya itu, mantan pemain Hull City tersebut mencatatkan 11 assist di Liga Inggris dan 2 gol di Liga Champions pada musim lalu. Dia harus kalah saing dari Marcelo yang merebut tempat di skuat FIFPro tahun ini dan belakangan ini menjadi bahan perbincangan di Skotlandia.

  • Bernardo Silva | Manchester City – Portugal

Bernardo Silva digaet Manchester City dari AS Monaco pada bulan Mei tahun 2017 dengan mahar sebesar 43,5 juta pounds. Pemain asal Portugal itu masih sulit beradaptasi dengan atmosfer sepak bola Britania Raya pada periode perdananya dengan The Citizens.

Akan tetapi, sang pemain bisa menunjukkan performa terbaiknya pada musim kedua di Manchester City. Ia menampilkan kontribusi positif sebagai pemain sayap kanan dalam membawa si kulit bundar dengan lincah di arena pertandingan. Ia pun mampu meraih banyak gelar juara untuk The Citizens maupun Timnas Portugal.

Pemain berumur 25 tahun tersebut menolong Manchester City menyapu bersih semua kompetisi sepak bola Inggris, dari Community Shield, Piala FA, Piala Liga serta Premier League. Dia juga memperoleh status pemenang UEFA Nations League bersama Timnas Portugal, namun prestasi gemilang itu tidak membuat sang pemain masuk ke dalam skuat FIFPro World XI.

  • Raheem Sterling | Manchester City – Inggris

Raheem Sterling sudah berkembang pesat dalam beberapa musim terakhir. Dia selalu diandalkan sebagai pemain utama Manchester City usai kursi kepelatihan klub ditempati oleh Pep Guardiola. Dia punya kemampuan membawa bola dengan baik, serta akurasi tendangan jarak jauh yang luar biasa.

Dia bisa mencetak 17 gol di Liga Inggris dan 5 gol di Liga Champions pada musim lalu. Ia  pun mampu menghasilkan 12 assist dari kedua kompetisi itu. Raheem Sterling juga menuai prestasi bersama Manchester City maupun Timnas Inggris. Dia juga menyerahkan gelar juara UEFA Nations League bagi The Three Lions, sedangkan persaingan ketat di lini depan membuat sang pemain sulit mendepak Cristiano Ronaldo, Lionel Messi dan Kylian Mbappe dari skuat FIFPro tahun ini.

  • Sadio Mane | Liverpool – Senegal

Sadio Mane menampilkan kontribusi positif bersama Liverpool dalam beberapa periode terakhir. Bomber asal Senegal tersebut punya kualitas dalam membawa si kulit bundar dan menipu lawan dengan gerakan khusus terhadap bek rival. Dia bergerak dari sebelah kiri dan bisa menghancurkan sektor pertahanan lawan.

Dia mencetak 12 gol di Liga Inggris dan empat gol di Liga Champions pada musim lalu, sedangkan hubungannya dengan Mohamed Salah dan Roberto Firmino menjadi salah satu yang menyeramkan baik di Eropa maupun Inggris. Sadio Mane berhasil memberikan gelar juara Liga Champions bagi Liverpool sejak tahun 2005 silam, serta membawa Timnas Senegal melaju ke babak final Piala Afrika tahun ini. Prestasi sang pemain masih sulit menggeser Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dari skuat FIFPro tahun ini.

  • Trent Alexander-Arnold | Liverpool – Inggris

Trent Alexander-Arnold bermain apik sepanjang musim lalu. Bek asal Inggris itu membukukan 15 assist di Liga Champions dan Premier League. Dia punya kemampuan dalam membangun serangan dari sebelah kanan dan selalu melakukan intersep saat menjaga sektor pertahanan.

Sementara itu, pemain yang melekat dengan nomor punggung 66 tersebut menyerahkan gelar juara Liga Champions bagi Liverpool musim lalu. Dia mengantarkan Timnas Inggris hingga urutan tiga UEFA Nations League, tetapi prestasi cemerlang sang pemain belum bisa mengusir Sergio Ramos dari skuat FIFPro tahun 2019.

1 thought on “5 Bintang Terbaik yang Tak Masuk Skuat FIFPro Tahun Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *