Sun. Aug 9th, 2020

5 Bintang Pewaris Nomor Punggung 9 yang Hebat di Timnas Brasil

3 min read
5 Bintang Pewaris Nomor Punggung 9 yang Hebat di Timnas Brasil

Timnas Brasil belum pernah kehabisan bintang berkualitas di dunia sepak bola. Mereka sudah mempunyai beberapa nama pemain berbakat seperti Kaka, Pele, Ronaldinho dan Socrates. Tim Samba pernah memiliki salah satu penyerang fenomenal yang bisa menyerahkan dua gelar juara Piala Dunia, yaitu Ronaldo Luis Nazario de Lima.

Selecao menyerahkan tugas kepada sang pemain untuk memakai nomor punggung sembilang, sedangkan pesepak bola berjulukan El Fenomeno tersebut sukses menorehkan 62 gol dari 98 laga dengan Timnas Brasil, serta meraih gelar juara Piala Dunia tahun 1994 dan 2002 silam.

Baca juga: Patrice Evra Segera Gaet 1 Pemain Usai Jadi Direktur Teknik Man United

Selain itu, mantan bomber Real Madrid tersebut sempat gantung sepatu pada tahun 2006. Akan tetapi, ia kembali memperkuat Timnas Brasil pada tahun 2011 untuk melewati pertandingan terakhirnya. Usai sang pemain pensiun, ada beberapa nama pemain yang memakai nomor punggung serupa. Tak sedikit dari mereka mampu memetik kesuksesan dan juga tenggelam ketika mengenakan nomor punggung warisan Ronaldo Luis Nazario de Lima.

Dilansir melalui Squawka, berikut ini lima pesepak bola yang sudah memetik kesuksesan dengan mengenakan nomor punggung sembilan usai era Ronaldo Luiz Nazario de Lima di Timnas Brasil, antara lain :

  • Adriano

Adriano menjadi salah satu penyerang legendaris yang dimiliki Timnas Brasil. Dia memiliki kekuatan pada kaki kirinya dan bisa membuat penjaga gawang lawan selalu tak berkutik. Ia mengenakan nomor punggung 9 di Piala Konfederasi tahun 2005. Kala itu, dia menorehkan 5 gol dan mengantarkan Selecao sebagai pemenang.

Dia tetap konsisten menjaga kualitas pemainannya usai Ronaldo pensiun. Adriano sudah membukukan 48 caps dan menorehkan 27 gol selama membela Timnas Brasil. Namun, karirnya harus kandas lantaran dia punya kebiasaan mabuk-mabukan dan pesta. Kebiasaan buruk tersebut membuat tubuhnya kurang stabil dan sulit berlaga dengan kondisi optimal.

  • Alexandre Pato

Alexandre Pato adalah salah satu pemain yang punya prospek tinggi pada masanya. Akan tetapi, kiprahnya berubah drastis usai mengalami cedera pada awal tahun 2010-an. Dia menunjukkan performa terbaiknya bersama Timnas Brasil di Copa America tahun 2011. Ia memulai dua laga perdana tanpa gol, serta mampu menorehkan dua gol pada pertandingan terakhir fase grup. Kemudian, Alexandre Pato tercatat sudah mengoleksi 27 caps dan menorehkan 10 gol bersama Timnas Brasil.

  • Fred

Fred sering diandalkan Luis Felipe Scolari kala memperkuat Timnas Brasil. Dia tidak punya kemampuan bak bomber Selecao lainnya, namun ia bisa menjadi pencetak gol yang luar biasa. Fred berperan besar atas kesuksesan Tim Samba meraih gelar juara Piala Konfederasi tahun 2013. Sayangnya, penampilannya menurun di Piala Dunia tahun 2014, sedangkan dia sukses mengemas 18 gol dari 39 laga dengan Brasil.

  • Gabriel Jesus

Kini, Gabriel Jesus adalah bintang bernomor punggung 9 di Selecao. Penyerang Manchester City itu berkontribusi bagi Timnas Brasil dengan meraih gelar juara ajang Copa America tahun 2019. Dia juga sudah menorehkan 8 gol dari 13 laga terakhir dengan Timnas Brasil. Ia pun sudah mencetak 17 gol dari 27 pertandingan bersama Tim Samba.

  • Luis Fabiano

Luis Fabiano adalah salah satu penyerang hebat yang membantu Tim Samba meraih gelar juara ajang Copa America tahun 2004 silam. Ia kerap diturunkan dalam turnamen tersebut dan menorehkan dua gol. Penampilan sang bomber semakin cemerlang ketika Dunga menangani Timnas Brasil. Dia menunjukkan jati dirinya kala menolong Selecao meraih gelar juara Piala Konfederasi tahun 2009 berkat dua gol yang ia ciptakan.

Luis Fabiano juga bermain bersama Timnas Brasil di Piala Dunia tahun 2010 dengan menorehkan tiga gol. Penampilan memukau yang ditunjukkan mantan penyerang Sevilla tersebut justru tidak bisa membawa Tim Samba melangkah lebih jauh, serta terdepak pada perempat final Piala Dunia tahun 2010. Kendati demikian, dia sudah mengemas 28 gol dari 25 laga dengan Timnas Brasil.

1 thought on “5 Bintang Pewaris Nomor Punggung 9 yang Hebat di Timnas Brasil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *