Fri. Nov 15th, 2019

3 Pemain Thailand yang Jadi Ancaman Bagi Timnas Indonesia

3 min read
3 Pemain Thailand yang Jadi Ancaman Bagi Timnas Indonesia

Timnas Indonesia bakal melawan Thailand dalam pertandingan kedua Grup G tahap kedua kualifikasi ajang Piala Dunia tahun 2022 wilayah Asia yang digelar pada hari Selasa (10/9/2019) di Stadion Utama Gelora Bung Karno | Senayan | Jakarta. Tim Garuda yang ditangani Simon McMenemy patut mewaspadai beberapa bintang asal Thailand, khususnya 3 pilar yang memiliki potensi untuk mengancam mereka.

Laga antara Timnas Indonesia melawan Thailand bakal menjadi pertandingan kedua di Grup G tahap kualifikasi ajang Piala Dunia tahun 2022. Sebelumnya, Thailand akan menjamu Vietnam, sedangkan Indonesia menghadapi Malaysia yang mana dua pertandingan itu akan digelar pada hari Kamis (5/9/2019) mendatang.

Baca juga: 4 Bintang yang Mampu Bantu Barcelona Gaet Neymar dari PSG

Pertemuan antara Timnas Indonesia dan Thailand akan menjadi pertarungan ke-8 sejak 11 tahun lalu. Hal yang menarik adalah laga ini menjadi pertemuan perdana kedua klub di babak kualifikasi Piala Dunia. Meski begitu, Indonesia hanya menorehkan 2 kemenangan melalui 7 laga yang telah digelar.

Catatan yang tidak terlalu sempurna saat melawan Thailand, Timnas Indonesia pasti perlu sentuhan khusus dari Simon McMenemy sebagai manajer. Tak hanya itu, laga babak kualifikasi ajang Piala Dunia tahun 2022 masih terus berlanjut setelag pertandingan itu.

Kini, kedua klub sedang bersiap untuk menghadapi dua laga perdana mereka di kualifikasi ajang Piala Dunia tahun 2022. Timnas Indonesia sedang melakukan pemusatan latihan, di mana sang manajer menghubungi 24 pemain sebagai andalan untuk mengikuti dua pertandingan awal mereka.

Akan tetapi, Timnas Thailand justru memanggil 33 pemain oleh sang manajer baru, yaitu Akira Nishino yang memiliki prestasi cemerlang membawa Timnas Jepang melangkah lebih jauh di Piala Dunia tahun 2018. Bahkan, pelatih baru tersebut hanya mengandalkan 2 pemain asli Thailand dari 33 nama yang dipanggil, yakni Adisak Kraisorn dan Teerasil Dangda. Tapi, bukan berarti Timnas Indonesia mampu menorehkan kemenangan di SUGBK dengan mudah.

Berikut ini adalah 3 pemain Timnas Thailand asuhan Akira Nishino yang merupakan ancaman serius bagi Timnas Indonesia jelang pertandingan kedua di Grup G tahap kualifikasi ajang Piala Dunia tahun 2022, antara lain :

  • Chanathip Songkrasin

Bintang berumur 25 tahun ini telah memperkuat Timnas Thailand sejak bermain bersama klub junior U-19 pada tahun 2011. Kemudian, dia membela negaranya melalui level U-23 sebelum ditunjuk sebagai andalan di klub senior. Chanathip Songkrasin sudah menorehkan 7 gol dari 52 pertandingan bersama Thailand. Akan tetapi, satu gol pun belum ia cetak ke dalam gawang Timnas Indonesia.

Gol tunggal yang ia torehkan ke dalam gawang Timnas Indonesia terjadi pada tahap semifinal ajang Piala AFF tahun 2015. Tapi, gol itu bukan diciptakan ketika sang pemain membela tim senior. Chanathip Songkrasin punya peluang untuk berlaga ke depan dan menorehkan gol lebih banyak pada tahap kualifikasi ajang Piala Dunia tahun 2022 bagi The War Elephants.

Kedatangan sang pemain sebagai bomber Timnas Thailand wajib diwaspadai bek maupun gelandang bertahan Timnas Indonesia, baik itu Manahati Lestuesn maupun beberapa pengawal sektor pertahanan seperti Hansamu Yama Pranata serta Otavio Dutra.

  • Supachai Jaided

Pemain berumur 20 tahun ini adalah bintang bertalenta. Akira Nishino bakal mampu memanfaatkannya untuk berlaga sebagai gelandang sayap maupun penyerang. Supachai Jaided sangat hebat ketika membela Timnas Thailand U-23 di Asian Games tahun 2018.

Bintang kelahiran Kota Pattani | Thailand ini telah membela Timnas Thailand sejak berumur 19 tahun. Dia menorehkan 2 gol di Asian Games tahun lalu di Jakarta, sedangkan masing-masing gol masuk ke dalam gawang Qatar dan Bangladesh yang berlangsung di Stadion Pakansari | Cibinong | Bogor.

Tak hanya itu, ia pun menerima peluang untuk membela klub senior Thailand di Piala AFF tahun 2018. Dia mencetak gol ketika melawan Timor Leste, Filipina serta Singapura. Supachai Jaided juga pernah membobol gawang Timnas Indonesia saat Thailand menang 4-0 atas klub besutan Indra Sjafri tersebut pada tahap kualifikasi ajang Piala AFC U-23 tahun 2030 yang digelar tanggal 22 Maret tahun 2019.

  • Thitipan Puangchan

Bintang berumur 25 tahun ini sedang membela Oita Trinita di J-League pada periode ini. Dia telah 17 kali berlaga dengan tim asal Jepang tersebut sampai sejauh ini dan tampil secara konsisten di Negeri Sakura. Thitipan Puangchan telah menampilkan kontribusi positif, khususnya dalam urusan menorehkan gol. Ia telah mencetak 7 gol dari 18 laga dengan Timnas Thailand U-23, sedangkan 6 gol diciptakannya dari 32 pertandingan bersama klub senior.

Thitipan Puangchan pernah membobol gawang Timnas Indonesia pada ajang SEA Games. Pertama, saat Thailand menang 4-1 atas Indonesia di SEA Games tahun 2013 dan kala Thailand membungkam Indonesia pada babak semifinal ajang SEA Games tahun 2015 dengan skor akhir 5-0.

Sementara itu, Thitipan Puangchan dikenal sebagai bintang yang menempati posisi gelandang bertahan. Dia adalah pilar bertipe box-to-box yang begitu gemar bekerja keras. Ia punya kecepatan dan tenaga yang kuat, serta handal menciptakan kesempatan dari lini sebelah tengah dan punya teknik sangat bagus demi menguasai si kulit bundar.

1 thought on “3 Pemain Thailand yang Jadi Ancaman Bagi Timnas Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *